Latest News

6 hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun

6 hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun - Mungkin selama ini anda tidak menyadari bila hal sepele yang sehati - hari anda lakukan ini ternyata menjadikan daya tahan tubuh semakin lemah, dampaknya tentu saja badan kita akan sangat mudah terkena penyakit. Bila anda mudah terkena flu, demam, batuk, pilek maka hal sepele berikut inilah yang menyebabkan anda sangat mudah untuk terkena penyakit yang telah saya sebutkan tadi.




6 hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun



 Berikut ini adalah penyebabnya :


1. Kebiasaan Makan Junk Food
Makanan yang tinggi kalori namun miskin nutrisi seperti camilan olahan pabrik, makanan kalengan atau makanan beku bisa merusak sel-sel yang bertugas melawan penyakit, seperti T-cell dan B-cell. Batasilah konsumsi junk food Anda dan beralih ke whole food seperti gandum utuh, sayuran segar, buah segar dan biji-bijian. Masaklah sendiri makanan yang Anda beli di supermarket atau pasar tradisional.


2. Terlalu Banyak Makan Protein
Protein sangat baik untuk pembentukan otot, sumber energi dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tapi jika asupannya berlebihan, protein yang berasal dari hewan akan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak IGF1, yaitu hormon yang mempercepat penuaan dan melemahkan sistem imun. Kunci untuk hidup sehat adalah makan dengan porsi seimbang. Konsumsilah karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral Anda sesuai kebutuhan. Tidak kurang, tidak lebih.


3. Polusi Udara
Asap knalpot kendaraan bermotor dan industri tidak hanya mengotori udara, tapi juga sistem pernapasan Anda. Sebuah studi menemukan bahwa udara yang kotor bisa merusak T-cell, sel-sel tubuh yang sangat penting untuk mempertahankan sistem imun. Ketika T-cell ini terganggu atau rusak, maka akan terjadi peradangan pada tubuh. Sangat disarankan Anda memasang air purifier, atau alat pembersih udara di rumah. Jika Anda tidak bisa menghindari polusi udara di luar rumah, setidaknya udara bersih bisa Anda dapatkan ketika di rumah. Usahakan juga selalu mengenakan masker ketika keluar rumah untuk meminimalisir polusi yang masuk ketika Anda bernapas.


4. Kurang Tidur
Saat Anda kurang tidur, kemampuan tubuh untuk memproduksi melatonin juga berkurang. Melatonin diproduksi oleh tubuh ketika tidur. Zat ini diperlukan untuk membantu sistem imun tubuh memproduksi sel darah putih yang bisa melawan bakteri serta memperbaiki kondisi tubuh. Saat malam hari prioritaskan diri Anda untuk tidur nyenyak minimal 6-7 jam sehari.


5. Duduk Seharian
Bagi orang kantoran yang bekerja di belakang meja, sebaiknya tidak 'memanjakan' tubuh dengan duduk seharian. Terlalu banyak duduk akan memperlambat metabolisme. Menurut penulis 'Super Immunity' Joel Fuhrman, M.D., hal ini menyebabkan tubuh lebih lama menyerap nutrisi makanan yang berfungsi memperkuat daya tahan tubuh. Cobalah untuk lebih banyak bergerak ketika Anda di kantor. Pilih naik tangga ketimbang eskalator, ambil air putih sendiri di pantry dan berjalan untuk makan siang ketimbang memesan pada office boy.

6. Penggunaan Kosmetik
Foundation, concealer, lipstik dan kosmetik lainnya yang Anda kenakan tidak hanya menempel pada permukaan kulit tapi juga bisa terserap ke dalamnya dan memengaruhi fungsi tubuh. Beberapa produk kosmetik mengandung bahan kimia yang asing bagi tubuh dan bisa menumpuk pada organ dalam jika digunakan dalam jangka panjang, misalnya paraben (bahan pengawet) atau sodium lauryl. Maka dari itu jika tidak terlalu diperlukan, sebaiknya biarkan kulit bernapas dengan tidak mengenakan kosmetik apa pun. Atau Anda bisa menggunakan kosmetik berbahan dasar alami dan organik.




No comments:

Post a Comment

1. Pengunjung yang baik wajib memberikan komentar
2. Berkomentarlah sesuai dengan yang dibahas

Google+ Followers

Follow by Email