Latest News

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa




Mayoritas orang memenuhi akan kebutuhan cairan tubuh belum menjadi hal yang harus di utamakan apalagi sampai menjadikanya sebagai kebiasaan. Padahal di saat puasa seperti ini dehidrasi bisa menurunkan kinerja tubuh manusia, karena konsentrasi pasti akan menurun secara drastis.

dr Ahmad Fuady, MSc-HPEL sebagai kepala klinik Dokter keluarga fakultas kedoteran UI Kayu putih membenarkan hal ini. " Kekurangan asupan cairan sangat berpotensi meningkatkan dehidrasi " dan jika hal ini trjadi maka tubuh manusia akan menjadi lemas serta konsentrasi menurun tajam.

maka dari itulah disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Untuk orang dewasa harus menyuplai 6 - 8 gelas setiap harinya dan jangan lupa hindari pula makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi, contohnya makanan pedas atau makanan asin.

Seorang ahli gizi dari Indonesia bernama Dr dr Saptawati Bardosono, MS, menuturkan ada formasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa, formasi tersebut adalah 2-4-2. Pola mengkonsumsi air 2-4-2 artinya dengan mengkonsumsi air sebanyak 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas lagi saat sahur.

Ketika sedang berpuasa kita memang mengalami dehidrasi ringan, gejala tersebut dapat dibuktikan dengan haus dan mulut yang menjadi kering. Maka dari itulah untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar saat kita berpuasa, gunakan pola 2-4-2 agar cairan dalam tubuh dapat tergantikan.

No comments:

Post a Comment

1. Pengunjung yang baik wajib memberikan komentar
2. Berkomentarlah sesuai dengan yang dibahas

Google+ Followers

Follow by Email