Latest News

Fenomena Langka : Berburu Suara Klakson Bus "Telolet"

klakson telolet bus

Fenomena yang tidak lazim ini terjadi di wilayah kabupaten semarang, tepatnya di ungaran. Usai pulang sekolah sekelompok anak beserta remaja bermain dipinggir jalan raya untuk berburu suara klakson yang unik dari sebuah bis yang melintas. Bocah tersebut merekam setiap bis yang melintas menggunkan telepon smartphone hanya untuk memperoleh suara klakson yang agak nyentrik, yaitu "telolet".

Setelah mereka memperoleh suara klakson telolet bis yang diinginkan, biasanya hasil rekaman tersebut akan mereka unggah ke berbagai media sosial, youtube bahkan blog pribadi agar hasil buruan mereka bisa ditonton oleh banyak orang. Pada umumnya bocah-bocah tersebut mulai berburu suara klakson sekitar pukul 2 siang karena pada waktu itulah bus antar kota dari yogyakarta ataupun dari solo yang menuju jakarta melintas di wilayah ungaran.

Kegiatan merekam suara klakson telolet ini bisa anda lihat di JL.HOS Cokroaminoto dan di sepanjang JL. Dipenegoro, ungaran. Dua orang anak pada saat itu yang terlihat sedang asik berburu adalah Aji usia 15 tahun dan Linga usia 12 tahun, keduanya merupakan warga rejosari, ungaran barat. Keduanya di temui oleh tim kompas.com di warung makan Mak Engking Jl.Diponegoro,ungaran.

Mereka berdua sudah berada disana sejak setengah jam yang lalu namun belum juga mendapatkan hasil rekaman klakson dari bus yang bunyi telolet. Namun mereka tetap saja santai dengan pandangan mata yang tak pernah lepas mengawasi setiap bis yang melintas. Mereka mengaku tidak pernah bosan dan lelah untuk duduk dan berdiri tiap kali ada bus antar kota yang melintas didepan mereka.

Aji menceritakan kalau dirinya sudah mendapatkan 69 video suara klakson telolet dari bis yang melintas dan semua video tersebut sudah di unggahnya ke internet. Dia merasa ada kepuasan tersendiri apabila memiliki banyak rekaman dan setiap rekaman tersebut suara klaksonya berbeda-beda. Sedangkan untuk Lingga yang merupakan siswa kelas 4 SD di SDN 1 Genuk menuturkan kalau dirinya sudah memiliki 60 video yang direkamnya selama satu tahun ini.

Kegiatan merekam klakson bus ini dilakukanya sekedar untuk hobi dan mengisi waktu luang di sore hari. "Cuma waktu bosan dirumah aja kita baru keluar rumah dan berburu suara klakson ini", cerita Aji.

No comments:

Post a Comment

1. Pengunjung yang baik wajib memberikan komentar
2. Berkomentarlah sesuai dengan yang dibahas

Google+ Followers

Follow by Email