Latest News

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Hernia


Penyakit hernia adalah penyakit yang disebabkan oleh turunnya usus ke bawah selaput perut sampai ke kantung buah zakar. Penyakit ini sering terjadi pada pekerja berat yang banyak mengangkut benda atau barang seperti kuli pelabuhan dan pekerja pabrik. Penyakit hernia juga bisa menimpa orang yang sering mengejan terlalu kuat, misalnya peniup saxophone atau balon udara.

Selain pengertian diatas, hernia (herniae) bisa juga diartikan sebagai menonjolnya organ dalam tubuh, keluar dari posisi aslinya, dan masuk ke posisi yang tidak normal melalui suatu defek atau lokasi yang lemah pada dinding rongga tertentu. Contoh penyakit hernia yang sering ditemui adalah hernia inguinalis, yaitu penonjolan organ dalam perut, seperti sebagian usus, ke arah selangkangan, melalui titik lemah pada dinding perut.

Penyebab penyakit hernia adalah tidak sempurnanya penutupan kanal saluran perpindahan organ saat bayi masih dalam kandungan. Sehingga saluran yang mestinya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah, misalnya pada dinding perut. Pada bayi laki-laki, testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindah ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir.

Nah, perpindahan tersebut melalui sebuah saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita penyakit hernia.Penyebab hernia yang lainnya adalah adanya tekanan dalam rongga tubuh yang besar. Misalnya, karena seseorang mengedan secara terus-menerus akibat konstipasi menahun, wanita hamil dan mau melahirkan, adanya penumpukan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites), batuk terus-menerus, penyakit paru, obesitas, dan lain-lain.

Gejala umum penyakit hernia adalah rasa nyeri atau tidak nyaman, serta pembengkakan lokal di bawah perut atau di daerah selangkangan. Pada lokasi terjadinya penyakit ini akan terasa nyeri, sedikit benjolan dan keras. Bila berbaring otot yang keras akan mengendor, dan benjolan perlahan menghilang.
Baca juga : Penyakit hernia menyerang wanita
Pantangan makanan penyakit hernia harus menghindari konsumi sebagai berikut :
  • Merokok
  • Makanan yang mengandung kafein (kopi, minuman bersoda, coklat, dan es krim)
  • Makanan yang mengandung alcohol
  • Makanan yang pedas, termasuk cabai atau lada bubuk

Pengobatan penyakit hernia dapat dilakukan secara alami atau tanpa operasi, penjelasannya sebagai berikut :

  • Daun ciplukan : Ambil beberapa lembar daun ciplukan lalu bersihkan dan setelah itu tumbuk sampai halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang mengalami hernia.
  • Daun sengketan : Bersihkan terlebih dahulu kemudian rebus, minumlah air hasil rebusan secara teratur (satu kali dalam sehari).
  • Adas pulosari : Hancurkan adas pulosari bersamaan daun ciplukan dan tambahkan garam, lalu balurkan pada bagian herniia yang menonjol di tubuh.Lakukan secara teratur (setiap hari)
Untuk pencegahan, hindari pekerjaan atau aktivitas yang terlalu berat seperti mengangkat beban yang berat.Usahakan untuk selalu mengontrol berat badan anda, apabila anda mengalami kegemukan atau obesitas maka segeralah lakukan penurunan berat badan dengan cara berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang sehat terutama dalam mengatur pola makan.

Menjaga kesehatan dan stamina tubuh, memperbanyak makan serat dari buah dan sayur, menghindari konstipasi dan mengedan terus menerus, jangan mengangkat barang atau beban terlalu berat, serta menghindari makanan dan hal lain yang menyebabkan batuk.

Sumber : Penyakit hernia dan cara pengobatanya

No comments:

Post a Comment

1. Pengunjung yang baik wajib memberikan komentar
2. Berkomentarlah sesuai dengan yang dibahas

Google+ Followers

Follow by Email